Mari Mengenal Honda GL 100/125 Sejarah Hingga Spesifikasi Lengkap

Honda GL 100/125, sudah tidak asing lagi nama ini terdengar ditelinga masyarakat Indonesia apalagi para dulur CB disini hehehe. Nama GL sebenarnya singkatan dari Gin Linamoto, yaitu kakek moyang Soichiro Honda. Soichiro Honda tidak lain adalah pendiri Honda di Jepang sana. Saking populernya, motor ini masih banyak dijumpai diperkotaan maupun daerah pedesaan. Si Kecil Yang Tanggul dan GL Cepek menjadi panggilan akrab motor yang satu ini karna sudah menarik hati people +62 selama ±18 tahunan bersaing dipasaran Indonesia ditengah kepulan asap 2Tak para pesaingnya. Honda GL 100/125 sendiri mulai tidak diproduksi lagi sekitaran tahun 1996an.
 
GL Cepek ini menggantikan CB setelah tidak diproduksi lagi, dan kemunculan GL Cepek di Indonesia sendiri dimulai mulai tahun 1979. Diawal produksinya, motor ini masih mengusung alias berpenampilan menyerupai kakaknya, yaitu Honda CB khususnya CB 100 K5 yang sekilas mirip banget. Seperti dari Lampu Depan Bulat, Lampu Belakang, Spion, Speedometer, dll yang serba bulat bulat. Desain Honda GL dibuat menjadi lebih kotak serta lurus sehingga sampai sekarang nama GL terkenal akan desainnya yang lurus dan kotak.
 
Motor yang satu ini selain dikenal tangguh bin kuat, juga dikenal motor tipe sport paling irit lohh. Musuhnya pom bensin ini mah hehe. Untuk desain mesinnya pun banyak sudah perjalanannya, dari Platina sampai era CDI  sekitaran 1985an sudah dilaluinya. Walaupun kapasitas mesinnya hanya 99cc, 105cc, 124cc etts, jangan ditanyakan ketangguhannya. GL Cepek ini mampu memuntahkan tenaga hingga 12HP diputaran RPM 10.000 lohh, penakhluk tanjakan motor yang satu ini. Makanya GL Capek dapat bertahan lama karna tidak diragukan lagi ketangguhan dari mesinnya maupun bodinya yang benar-benar kuat bisa bertahan sampai saat ini lurr.

Berikut Spesifikasi Lengkap si GL Cepek ini :
  • Tipe Mesin : 4 Langkah 1 Silinder
  • Kapasitas Mesin : GL-100 : 99cc dan 105cc/ GL-125 : 124cc OHC
  • Valve per Cylinder : 2 valve
  • Bore x Stroke : GL-100 : 50,5mm x 49,5mm dan 52mm x 49,5mm/ GL-125 : 56,5mm x 49,5mm
  • Rasio Kompresi : 9,2:1
  • Power : 12 HP @12.000 RPM
  • Top Speed : 110 km/h
  • Sistem Pengapian : Platina (1979-1984) dan CDI (1985-1996)
  • Sistem Pendingin : Udara
  • Sistem Bahan Bakar : Karburator
  • Pengereman : Depan : Tromol (1979) dan Disk/Cakram (1980-1996)/ Belakang : Tromol
  • Transmisi : 5 Speed Return
  • Tipe Transmisi : Rantai
  • Tipe Kopling : Basah Manual
  • Ukuran Roda : Depan : 2.50-18/ Belakang : 2.75:18
  • Berat (Kosong) : 98,5 kg
  • Dimensi ( Panjang x Lebar x Tinggi) : 190 x 73,5 x 101,7 cm
  • Kapasitas Tangki : 11,5 Liter
  • Kapasitas Oli Mesin : 1 Liter
 
Berikut beberapa Series GL 100/125 yang ada dipasaran Indonesia :
 
GL 100/125 Tahun 1979-1981 (Edisi Keluaran Pertama)
Motor ini merupakan GL Cepek keluaran pertama yakni sekitaran tahun 1979. Sekilas dari fisik kalo dilihat 90% sama seperti Honda CB 100 K5, yang membedakan ya bentuk Jok dan Begel lebih Panjang, Tutup Tangki sudah Kotak.
CB 100 K5
Berikut ciri-ciri GL Cepek ini :
  • Lampu Depan Bulat seperti punya CB
  • Pengapian masih Platina dan kapasitas mesin 99cc
  • Sistem Pengereman depan masih menggunakan Tromol
  • Speedometer berbentuk bulat
  • Spion Bulat seperti kepunyaan CB
  • Lampu belakang seperti punya CB dan nempek di Spakbor belakang tidak di Begel
  • Emblem GL-100/GL-125 ada pada Tutup Aki bericon burung elang mirip GL-1000
  • Karburator Keihin Venturi 22 tanpa ada tambahan pompa
  • Jok Patern Kotak Kotak dan ada Sabuknya
  • Ban Depan Uk 2.50 -18 dan Belakang Uk 2.75-18
  • Varian Warna : Hitam, Putih, Merah, Biru, Coklat, Silver, dan Varian Striping
 
GL 100/125 Tahun 1982-1983 (Edisi mulai berbodi Kotak)
Pada Tahun 1982 GL 100/125 mulai berubah wujudnya yang tadinya berbentuk bulat kini mulai berbentuk kotak serta terlihat lebih elegan karna bodinya yang gagah. Pada masa inilah Produk GL 100/125 mulai populer. Berikut beberapa ciri-ciri Honda GL 100/125 keluaran tahun 1982an :
  • Lampu depan dan belakang sudah berbentuk kotak
  • Lampu Sein berbentuk Kotak
  • Lampu Belakang menempel di Begel
  • Speedometer Kotak
  • Pengereman depan sudah memakai Disk/Cakram
  • Sistem Pengapian masih Platina
  • Tutup Aki dengan emblem sederhana bertulis GL-100 atau GL-125
  • Karburator venturi 22mm dengan tambahan pompa bensin
  • Pangkon Mesin Depan dan Besinya lebih besar dan rada ke atas
  • Kapasitas Mesin sudah 105cc untuk Series GL 100
  • Varian Warna : Hitam dan Merah dengan varian Striping 
 
GL 100/125 1987-1996 (Sudah beralih ke CDI dan GL 125 tidak diproduksi lagi)
GL 100 CDI dan merupakan Varian Honda GL 100 terakhir dan untuk GL-125 sudah tidak diproduksi lagi untuk varian CDI. Pada kala itu konsumen lebih banyak memilih GL 100 daripada GL 125 sehingga GL 125 lom pernah menjajal sistem pengapian CDI lurr.
Berikut beberapa ciri GL 100 CDI :
  • Lampu depan dan belakang kotak
  • Lampu sein kotak seperti punya Win 100
  • Pengapian sudah memakai CDI AC
  • Blok Head terlihat berbeda, lebih gemuk dan tutup timing ada tulisan CDI
  • Kapasitas mesin 105cc
  • Pangkon dan Besi Penyangga Mesin bagian depan besar
  • Sistem Pengereman Depan Cakram
  • Tutup Aki dengan emblem sederhana bertulis GL-100
  • Roda Depan Uk 250-17 dan Belakang Uk 300-17
  • Varian Warna : Hitam dan Merah dengan perpaduan Striping



0 Response to "Mari Mengenal Honda GL 100/125 Sejarah Hingga Spesifikasi Lengkap"

Posting Komentar