Mari Mengenal Honda CB 100 Sejarah Hingga Spesifikasi Lengkap-Pada kesempatan kami ini saya akan mengenalkan kepada Sobat Dulur CB yaitu Honda CB 100. Siapa sih yang tidak mengenal motor legendaris yang satu ini hehehe. Setelah adanya film Dilan dimana tokoh utamanya menggunakan Motor Honda CB 100, motor yang satu ini seakan-akan kembali muda dan menjadi sangat terkenal akhir-akhir ini. Pecinta Honda CB 100 di Indonesia begitu banyak dan tidak mengenal kalangan ntah itu tua ataupun yang muda. Motor ini benar-benar tidak termakan oleh waktu, makin kesini makin banyak para pengguna motor yang satu ini. Yang masih mempertahankan keorisinal dari pabriknya banyak apalagi jiwa muda yang makin kreatif memodifikasi motor pabrikan Jepang ini seakan-akan diremajakan kembali.
Sejarah dari Honda CB 100, motor ini dulunya bukan asli atau dibuat diIndonesia melainkan dibuat dan dirakit di Jepang lalu dipasarkan ke Indonesia. Ga salah memang kalau motor ini menjadi salah satu motor mewah pada jamannya. Namun sayang, kepopulerannya tidak membuat umur produksi Honda CB 100 ini langgeng, motor ini diproduksi hanya sekitar 12 tahunan, yaitu dimulai sejak tahun 1970 sampai tahun 1982 tentunya dengan berbagai varian atau series yang semakin berkembang tahun demi tahun. Series dari motor Honda CB 100 ini antara lain CB 100 K0, CB 100 K1, CB 100 K2, CB100 K3, dan CB 100 K5. Kebanyakan orang ngeri CB 100 ya yang kek Dilan padahal sih CB 100 ini ada 5 Varian/ Series yang beredar di Indonesia mulai dari tahun 1970.
Berikut adalah Varian/ Series dari Honda CB 100
CB 100-K0 (1970-1971)
Kehadiran Honda CB 100 di Indonesia diawali dengan varian dari CB 100 K0 yang membuat nama CB 100 mulai banyak didengar di Indonesia pada masa itu karna modelnya yang gagah bin keren serta khas. Sayang varian dari CB 100 K0 hanya dproduksi satu tahun saja. Pada series K0 ini menggunakan mesin 4 tak 1 silinder OHC dengan berpendingin udara yang mampu mengeluarkan tenaga 11.HP. Dilihat dari tampilannya jangan salah ya, mesin kecil gini tenaganya udah gedhe. Tak hanya itu, motor ini mampu berlari hingga kecepatan maksimum mencapai 110 km/h.
- Nomor Serial : CB100-1000001
- Kapasitas Mesin : 99cc OHC
- Tipe Mesin : 4 Langkah 1 Silinder
- Power : 11,5HP @10.500 RPM
- Top Speed : 110 km/h
- Kompresi : 9.5:1
- Bore x Stroke : 50.5mm x 49.5mm
- Valve per Cylinder : 2
- Pengapian : Platina
- Pendingin : Udara
- Transmisi : 5 Speed
- Tipe Transmisi : Rantai
- Tipe Kopling : Basah
- Roda/ Ban : Depan : 2.50-18/ Belakang : 2.75-18
- Pengereman : Depan Tromol/ Belakang : Tromol
- Berat (Kosong) : ±92 kg
- Kapasitas Tangki : ±10 Liter
CB 100-K1 (1971)
Generasi kedua dari Honda CB 100 yaitu CB 100 K1. Memang secara desain nampak tidak beda jauh sama kakaknya yaitu Honda CB 100 K0. Contoh yang dapat diamati yaitu pada bagian striping tangki sudah lebih wangun alias keren dan pada bagian Jok sudah ada list besi chrome yang membuatnya nampak lebih gagah.
Spesifikasi :- Nomor Serial : CB100-2000001
- Kapasitas Mesin : 99cc OHC
- Tipe Mesin : 4 Langkah 1 Silinder
- Power : 11,5HP @10.500 RPM
- Top Speed : 110 km/h
- Kompresi : 9.5:1
- Bore x Stroke : 50.5mm x 49.5mm
- Valve per Cylinder : 2
- Pengapian : Platina
- Pendingin : Udara
- Transmisi : 5 Speed
- Tipe Transmisi : Rantai
- Tipe Kopling : Basah
- Roda/ Ban : Depan : 2.50-18/ Belakang : 2.75-18
- Pengereman : Depan Tromol/ Belakang : Tromol
- Berat (Kosong) : ±92 kg
- Kapasitas Tangki : ±10 Liter
CB 100-K2/ CB Gelatik (1972-1975)
Selanjutnya yaitu Honda CB 100 K2 atau yang lebih dikenal dengan CB Gelatik ini menjadi motor yang paling populer dan dicari-cari oleh para kolektor motor klasik. Motor ini diproduksi mulai tahun 1972 sampai tahun 1975. Perbedaan mencolok mulai terlihat dari kakak-kakaknya, yaitu bentuk striping pada tangki dan tepong/tutup aki serta cover shock belakang chrome. CB Gelatik ini menawakan 2 varian warna, yaitu Putih kombinasi Light Scarlet Red dan Putih kombinasi Aquarius Blue seperti yang digunakan Dilan pada Film Dilan 1990 yang membuat motor ini sangatlah istimewa. Motor ini juga memiliki keistimewaan lain yaitu pada Gear Rasionya yang banyak dicari para pecinta modifikasi, yang konon katanya apabila diaplikasikan ke CC besar, pada gigi ke 4 dan 5 tetep bisa ngisi dan makin kenceng hehe nyalip si Ninin wkwk.
Spesifikasi :- Nomor Serial : CB100-1200001
- Kapasitas Mesin : 99cc OHC
- Tipe Mesin : 4 Langkah 1 Silinder
- Power : 11,5HP @10.500 RPM
- Top Speed : 110 km/h
- Kompresi : 9.5:1
- Bore x Stroke : 50.5mm x 49.5mm
- Valve per Cylinder : 2
- Pengapian : Platina
- Pendingin : Udara
- Transmisi : 5 Speed
- Tipe Transmisi : Rantai
- Tipe Kopling : Basah
- Roda/ Ban : Depan : 2.50-18/ Belakang : 2.75-18
- Pengereman : Depan Tromol/ Belakang : Tromol
- Berat (Kosong) : ±92 kg
- Kapasitas Tangki : ±10 Liter
CB 100-K3 (1976-1981)
Generasi berikutnya yang lahir yaitu generasi keempat, CB 100 K3. Motor ini memiliki desain yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya pada tangki. Adanya striping garis kuning hitam melengkung dan emblem yang hanya bertulis HONDA tanpa ada emblem sayap lagi menjadi ciri khas dari Honda CB 100 K3 ini. Adapun perubahan lainnya ada pada Kop Mesin/Head Cylinder yang dimana pada generasi sebelumnya Headnya segelundung atau lebih dikenal dengan Kop Belimbing diubah dengan bentuk yang bisa dicopot tutup kopnya untuk memudahkan apabila mengganti sperpart didalamnya.
Spesifikasi :
- Nomor Serial : CB100-1300001
- Kapasitas Mesin : 99cc OHC
- Tipe Mesin : 4 Langkah 1 Silinder
- Power : 11,5HP @10.500 RPM
- Top Speed : 110 km/h
- Kompresi : 9.5:1
- Bore x Stroke : 50.5mm x 49.5mm
- Valve per Cylinder : 2
- Pengapian : Platina
- Pendingin : Udara
- Transmisi : 5 Speed
- Tipe Transmisi : Rantai
- Tipe Kopling : Basah
- Roda/ Ban : Depan : 2.50-18/ Belakang : 2.75-18
- Pengereman : Depan Tromol/ Belakang : Tromol
- Berat (Kosong) : ±92 kg
- Kapasitas Tangki : ±10 Liter
CB 100-K5 (1980-1981)
Generasi selanjutnya dan pamungkas dari Series CB yaitu Honda CB 100 K5 yang merupakan generasi kelima dari Honda CB 100. CB 100 K5 ini diproduksi 5 tahun dimulai pada tahun 1980 sampai 1985. Mungkin Varian yang satu ini jarang terdengar dimasyarakat umum dan banyak menyangka motor yang satu ini adalah GL 100 (Series setelah CB 100) karna dari segi bodi memiliki banyak kesamaan diantaranya bentuknya yang panjang tidak seperti kakaknya yang masih mengandalkan bodi ramping. Keunikan CB 100 K5 ini pada tangkinya lebih besar dan panjang sehingga posisi riding lebih enak serta pada begel belakangnya berbentuk U yang sangat unik. Motor ini diproduksi dengan komposisi lebih bandel karna mengusung bodi yang lebih besar serta terlihat lebih gagal, pada Gear Rasionya memiliki keunggulan lebih besar dimana pada gigi 1, 2, 3 mampu untuk mengangkat roda depan diudara. Cocok buat kalian yang ingin modifikasi CB yang satu ini untuk Trail atau Trabas.
Spesifikasi :
- Nomor Serial : CB100-1500001
- Kapasitas Mesin : 99cc OHC
- Tipe Mesin : 4 Langkah 1 Silinder
- Power : 11,5HP @10.500 RPM
- Top Speed : 110 km/h
- Kompresi : 9.5:1
- Bore x Stroke : 50.5mm x 49.5mm
- Valve per Cylinder : 2
- Pengapian : Platina
- Pendingin : Udara
- Transmisi : 5 Speed
- Tipe Transmisi : Rantai
- Tipe Kopling : Basah
- Roda/ Ban : Depan : 2.50-18/ Belakang : 2.75-18
- Pengereman : Depan Tromol/ Belakang : Tromol
- Berat (Kosong) : ±92 kg
- Kapasitas Tangki : ±11 Liter
Itulah beberapa Varian/ Series dari Honda CB 100 yang pernah masuk ke daratan Indonesia yang melegenda ini dan menjadi buruan para kolektor motor klasik di Indonesia. Meskipun motor ini diproduksi tahun 70-an sudah hampir setengah abad umurnya namun jangan tanyakan ketanggunahan motor yang satu ini, masih banyak yang mampu bertahan hingga saat ini bahkan ada yang catnya masih pabrikan, mantap bukan. Disamping itu mudahnya sparepart di Indonesia membuat motor ini masih bertahan hingga saat ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa berkomentar di kolom komentar bawah ini ya, kita bakal sharing-sharing tenang dunia perCBan di Indonesia hehehe. Gass Lurrr!!!!
Review cb 100 k5 seri N dong kak, versi terakhir yang langka
BalasHapusTerimakasih!
Sein,speedo seperti honda win,stoplamp,behel,headlamp berbeda sendiri, serta blok magnet seperti gl series cdi awal..
HapusCb itu bukanya ada yg 4 speed itu cb apaya...
BalasHapus